Minggu, 25 Maret 2018

SAKA YOGA FESTIVAL KOTA BATAM TAHUN 2018


Pada Hari Minggu, 25 Maret 2018 bertempat di Pratamaning Mandala Pura Agung Amerta Bhuana Panitia Hari Nyepi Kota Batam Tahun 2018 bekerjasama dengan WHDI Prov. Kepulauan Riau dan WHDI Kota Batam mengadakan kegiatan Saka Yoga Festival. Hadir pada kesempatan itu Penyelenggara Bimas Hindu Kantor Kementerian Agama Kota Batam, Ketua Kegiatan Batam Menari (BP Batam), Pengurus Lembaga Agama dan Keagamaan, tokoh umat dan umat Hindu serta perwakilan Kelompok Yoga lintas agama di Kota Batam. Kegiatan ini diikuti oleh kurang lebih 220 peserta.

Kegiatan ini merupakan rangkaian dari hari Raya Nyepi sesuai dengan edaran Ketua Umum WHDI Pusat Nomor: B/02/ll/2018/Set, tanggal 05 Februari 2018 perihal Dukungan Mensukseskan Kegiatan Perayaan Nyepi.

Adapun tema dari Kegiatan Saka Yoga Festival Tahun 2018 adalah “Melalui Yoga Kita Dukung Gerakan Masyarakat Hidup Sehat Tanpa Narkoba demi Kemajuan NKRI”. Dari tema ini diharapkan umat Hindu di Kota Batam mulai sadar untuk menjaga kesehatan yang dimulai dari sendiri dengan melakukan gaya hidup sehat, rajin berolah raga, salah satunya adalah melakukan gerkaan yoga. Dengan semakin banyaknya masyarakat yang melakukan gaya hidup sehat maka pengaruh negatif narkoba akan sulit mempengaruh rakyat Indonesia. Jika rakyat sehat maka negara akan maju.

Peserta mengalami sedikit kendala yaitu hujan yang cukup deras di hari Minggu tersebut, namun tidak mematahkan semangat peserta. Kegiatan dipandu oleh Dada Suresh yang merupakan seorang praktisi yoga dari Ananda Marga Kota Batam. Menurut Dada Suresh, semakin sering kita melakukan yoga maka badan dan pikiran kita akan menjadi sehat. Pada tahap pertama yoga diawali dengan pemasanasan, kemudian gerakan inti, Surya Namaskar, Hata Yoga (Workout) dan pendinginan. Yoga sangat baik dilakukan pagi hari untuk membakar lemak dan kolesterol di samping juga untuk kesehatan jiwa dan pikiran.

Selanjutnya adalah sesi tele conference dengan Menteri Kesehatan RI, dan Kota Batam menjadi salah satu peserta tele conference selain Kota Manado, Mataram dan Surabaya. Dalam dialog jarak jauh tersebut Menteri Kesehatan berpesan agar masyarakat Hindu Kota Batam ikut berpartisipasi aktif mensukseskan GERMAS yaitu Gerakan Masyarakat Sehat yang diawali dari diri sendiri dengan rajin berolah raga, makan teratur, istirahat cukup tidak merokok dan menghindari narkoba. Menteri Kesehatan juga berterima kasih kepada umat Hindu Kota Batam yang telah menjaga kerukunan antar umat beragama di Kota Batam, tidak lupa beliau juga mengucapkan selemat hari Raya Nyepi kepada umat Hindu di Kota Batam.

Setelah yoga massal selesai dilaksanakan dilanjutkan dengan latihan Batam Menari untuk persiapan kegiatan Batam Menari Tahun 201 yang diselenggarakan oleh Badan Pengusahaan Batam. Panitia juga memberikan doorprize kepada 10 peserta yang datang paling awal. Di akhir acara panitia juga memberikan lucky draw kepada peserta yang beruntung. Peserta juga dihibur dengan organ tunggal dan musik dangdut. (ep2017)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar