Kamis, 01 Maret 2018

Pembinaan Siswa Pasraman Tahun 2018 di Kota Batam


Bertempat di Aula Kantor Kementerian Agama Kota Batam pada hari Minggu, 25 Februari 2018, Bimas Hindu Kantor Kementerian Agama Kota Batam menyelenggarakan kegiatan Pembinaan SIswa Pasraman Tahun 2018. Acara diikuti oleh 30 peserta yang terdiri dari Siswa tingkat SMP dan SMA yang beragama Hindu se- Kota Batam. Acara dimulai dengan Upacara Pembukaan. Hadir pada kesempatan itu Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Batam, Penyelenggara Hindu, Penyelenggara Buddha, ketua Paruman Walaka Parisada Prov. Kepulauan Riau, Ketua Badan Otorita Pura Agung Amerta Bhuana Kota Batam, Ketua Pasraman Jnana Sila Bhakti, WHDI Kota Batam.

Dalam Sambutannya Bambang Hermanto selaku Ketua Panitia menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah memabantu kegiatan ini. Kegiatan ini dilaksanakan untuk mewujudkan visi dan misi Bimas Hindu Kantor Kementerian Agama Kota Batam yang berusaha mewujudkan umat Hindu yang cerdas, taat beragama, sejahtera, berakhlak mulia menuju Batam Bandar sebagai Bandar dunia yang madani berlandaskan gotong royong. Kegiatan ini juga untuk membentuk karakter siswa dan memberi pembekalan menghadapi tantangan kehidupan sehari-hari dan tantangan jangka panjang yaitu era Masayarakat Ekonomi ASEAN (MEA). Kegiatan ini juga dilatarbelakangi oleh situasi dan keadaan di mana di era MEA, siswa pasraman harus dibekali ilmu agama yang memadai agar tidak terjerumus dalam hal – hal yang negative. Bambang juga menyampaikan permohonan maaf atas ketidak nyamanan peserta mengingat gedung Kantor Kementerian Agama Kota Batam masih dalam tahap perbaikan.

Sambutan yang kedua disampaikan oleh Dr. Drs. I Wayan Catra Yasa, M.M. Dalam sambutannya Wayan Catra menjelaskan bahwa Kita berkumpul untuk pebaikan sebuah proses dan system dalam hal pembelajaran dari yang tidak baik menjadi baik sebagai bentuk agen perubahan  perilaku. Perilaku siswa harus sesuai dengan ajaran agama. Antara pikiran, perkataan dan pebuatan yang selaras. Dalam agama Hindu disebut Tri Kaya Parisuda. Wayan berpesan kepada siswa agar para  peserta mengikuti kegiatan dari awal sampai akhir. Peserta yang hadir di sini adalah peserta pilihan. Terakhir Wayan Catra Yasa mengajak para siswa untuk menjaga kerukunan intern Hindu dan kerukunan umat beragama.

Adapun tema kegiatan ini adalah “Melalui Kegiatan Pembinaan Siswa Pasraman 2017 di Lingkungan Kantor Kementerian Agama Kota Batam Kita Tingkatkan Moral dan Kompetensi Diri menghadapi era MEA”. Dari Tema ini jelas bahwa siswa pasraman sebagai generasi muda dituntut untuk meningkatkan kualitas diri menghadapi era MEA. Siswa juga dituntut untuk menguasai IPTEK, meningkatkan jenjang pendidikan yang lebih tinggi, memilikki ketrampilan, keahlian, kompetensi dan soft skill. Drs. H. Erizal akhirnya membukan acara pembinaan siswa pasraman secara resmi.

Acara dilanjutkan dengan Paparan Narasumber. Dr. Drs. I Wayan Catra Yasa, MM menyampaikan materi dengan topik Peningkatan Kompetensi Diri di Era MEA. Selanjutnya Drs. H. Erizal menyampaikan materi dengan topik Pendidikan Budi Pekerti pada Generasi Muda. Selanjutnya Ketut Suardita selaku  Pembimas Hindu menyampaikan materi dengan topik Aktualisasi Sradha dan Bhakti Siswa Pasraman. Dilanjutkan Eko Prasetyo dengan topik sistem Pendidikan di Pasraman. Terakhir, I Wan Sudarma dari Kota Bekasi menyampaikan Pentingnya Peningkatan EQ, SQ dan IQ pada Siswa Pasraman

Terahir para peserta diwajibkan mengikuti post test untuk mengetahu sejauhmana tingkat keberhasilan siswa. Terkahir para siswa mengisi kuisioner Indeks kepuasan pulik oleh panitia. Kegiata ini sangat bermanfaat sekali, Para siswa mengikuti dari awal sampiai akhir. (EP 2018)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar